Jasaview.id

Mengapa Langit Berwarna Biru

Animasi Fisika – Sudah pernahkah kamu berpikir kenapa langit serta laut itu terlihat biru? Walau sebenarnya jika kita mendekati, langit serta laut itu tidak berwarna. Warna biru yang kita lihat di langit itu adalah hasil dispersi sinar matahari.

mengapa langit warna biru


Matahari pancarkan sinar putih ke bumi. Bumi dilindungi oleh atmosfer yang tersusun dari beberapa jenis gas seperti nitrogen, oksigen, argon, dan uap air yang akan menyerap sinar putih barusan. 

Kenapa ya langit berwarna biru? Jika kamu ingat, di pelajaran fisika sudah pernah disinggung tentang sinar putih yang bila ditinggalkan bagian prisma, maka terdispersi jadi spektrum sinar. 
Nah, demikian dengan sinar matahari, sinar ini sesudah masuk melalui atmosfer bumi, akan terdispersi jadi beberapa jenis panjang gelombang. Semasing panjang gelombang ini akan ada jadi beberapa jenis warna seperti warna pelangi. 

Tiap warna dipancarkan pada ketebalan prisma yang berlainan. Panjang gelombang yang tinggi bila diamankan oleh mata akan kelihatan jadi warna merah, orange, serta kuning. Sedang panjang gelombang yang rendah dikenali oleh mata jadi warna biru, ungu, serta hijau. 

Beberapa warna yang mempunyai panjang gelombang tinggi barusan akan dilanjutkan dengan lurus sedang beberapa warna yang panjang gelombangnya rendah akan disebarkan ke semua arah. Itu kenapa warna biru jadi menguasai di langit sebab warna biru dari sinar matahari disebarkan ke semua arah. 

Momen yang diterangkan pada paragraf di atas diberi nama Rayleigh scattering. Menurut Rayleigh, sinar yang mempunyai panjang gelombang rendah akan mempunyai intensif perpendaran yang semakin besar. 

Saat senja mendekati, langit akan beralih warna jadi merah kekuningan. Ini berlangsung sebab tempat matahari yang semula pas di atas kita menjadi serong hingga jarak pandang kita beralih. 

Sebab jarak yang beralih ini, karena itu ketebalan atmosfer yang ditembus sinar matahari sampai ke mata kita makin bertambah tebal. Atmosfer bumi kita bisa dianalogikan seperti prisma yang akan melanjutkan sinar dengan warna tersendiri pada ketebalan tersendiri. 

Warna yang mempunyai panjang gelombang tinggi seperti warna merah dilanjutkan pada atmosfer yang lebih tebal hingga warna langit terlihat merah jingga saat matahari keluar atau tenggelam. Warna biru pada laut tidak lain adalah pantulan dari warna langit. Demikianlah ceritanya, kenapa langit serta laut berwarna biru. 

Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id