Jasaview.id

Soal Dan Penyelesaian Peluncuran Roket Soyuz

Soal dan Penyelesaian Fisika SMA - Roket peluncur Soyuz ialah sebuah sistem peluncuran yang didesain Biro Desain Korolev (Uni Soviet) dan dipakai untuk meluncurkan pesawat luar angkasa Soyuz, sebagai bab dari kegiatan Soyuz. Meskipun begitu, roket Soyuz bergotong-royong ialah peluncur kegunaan umum yang memiliki fungsi-fungsi lain, termasuk peluncuran pesawat luar angkasa kargo dan peluncuran komersial yang dioperasikan TSeEsKAbe dan perusahaan Starsem.
 Roket peluncur Soyuz ialah sebuah sistem peluncuran yang didesain Biro Desain Korolev  SOAL DAN PENYELESAIAN PELUNCURAN ROKET SOYUZ Selama ini kita terbiasa melihat peluncuran roket dari sentra peluncuran di Bumi yang lalu perlahan menghilang ketika mencapai orbit. Tapi, Badan Antariksa Eropa (ESA) gres saja mengatakan bagaimana peluncuran roket terlihat dari International Space Station (ISS).
Dalam video yang terlihat menyerupai cuplikan dari film fiksi ilmiah ini, astronot ESA Alexander Gerst menangkap momen ketika roket Soyuz meluncur dari Baikonur Cosmodorome di Kazakhstan pada 16 November 2018. Roket ini membawa kapal kargo Progress MS-10 yang mengangkut 2.564 kilogram muatan menuju ISS.

Ada beberapa momen penting yang tertangkap dalam video tersebut. Pertama, lepasnya booster roket Soyuz yang terjadi pada detik ke-7. Kemudian diikuti oleh pemisahan core stage pada detik ke-19.

Pada detik ke-34, terlihat core stage tersebut mulai terbakar di atmosfer dan perlahan kembali ke Bumi sehabis suplai materi bakarnya habis. Setelah tahap ini, Progress lalu memisahkan dirinya dari roket dan memasuki orbit untuk mengejar ISS.

ISS sendiri berada sekitar 400 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak dengan kecepatan 28.800 km/jam. Kapal kargo ini sendiri diluncurkan sehabis ISS terbang melewati area peluncuran, sehingga kargo ini butuh waktu dua hari untuk mencapai ISS sehabis diluncurkan.

Kapal kargo Progress sendiri membawa makanan, materi bakar dan suplai lainnya untuk tiga astronot di ISS. Termasuk 750 kg materi bakar, 75 kg oksigen dan udara, serta 440 liter air.

SOAL DAN PENYELESAIAN


1. Kelajuan International Space Station (ISS) mengitari bumi adalah...(m/s)
Jawaban Fisika Pak Dimpun:
Kelajuan ISS
$\small \\v=28.800\frac{km}{jam} \\v=28.800x\frac{1000}{3600}ms^{-1} \\v=8000ms^{-1}$

2. Kapal kargo Progress MS-10  mengangkut 2.564 kilogram muatan menuju ISS, massa muatan ini dikala sehabis datang di ISS menjadi.....(kg)
Jawaban Fisika Pak Dimpun:
Massa benda tidak dipengaruhi oleh posisi atau kedudukannya, sehingga massa muatan tetap 2.564kg

3. Jika percepatan gravitasi di permukaan bumi 10m.s-2, maka percepatan gravitasi yang dialami ISS dalam orbitnya ialah sekitar...(jari-jari bumi 6400km)
Jawaban Fisika Pak Dimpun:
$\small \\\frac{g^{'}}{g}=\left ( \frac{r_{B}}{h} \right )^{2} \\\frac{g^{'}}{10}=\left ( \frac{6400}{6400+400} \right )^{2} \\g^{'}=10x( 0,94)^{2} \\g^{'}\approx 8,86\: ms^{-2}$
Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id