Jasaview.id

Momen Kopel - Antara Cinta Dan Fisika - Setuju Tidak?

A. Kopel

Sejumlah gaya yang bekerja pada suatu benda bisa berubah menjadi dua buah gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan, serta memiliki garis kerja yang sejajar dan tidak saling berimpit. Pasangan gaya seperti itu disebut kopel, misalnya gaya yang bekerja pada jarum kompas dalam pengaruh medan magnet bumi
Kopel menyebabkan benda berputar (gerak rotasi) pada benda, tetapi tidak menyebabkan gerak translasi.

B. Momen Kopel

 Sejumlah gaya yang bekerja pada suatu benda bisa berubah menjadi dua buah gaya yang sama  MOMEN KOPEL - ANTARA CINTA DAN FISIKA - SETUJU TIDAK?
Momen kopel dilambangkan M dan didefinisikan sebagai hasil perkalian antara gaya dengan jarak kedua gaya yang bekerja pada sebuah benda. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.
\[M=Fxd\]
Keterangan:
M = momen kopel (N.m);
F = besar salah satu gaya (N); dan
d = jarak tegak lurus atau lengan momen antara dua gaya (m).

C. Apa hubungannya dengan cinta?

Momen Kopel, namanya saja sudah sedikit menyenggol tentang percintaan kan? (Couple = pasangan alias sejoli). Menarik kan? Ini dia keterkaitan antara keduanya yang berasal dari pengertian momen kopel:
  1. Dua buah gaya itu artinya, memang untuk kata sejoli atau pasangan membutuhkan 2 orang yang berbeda kelamin dan saling mencintai. 
  2. Sama besar, berarti tidak ada yang lebih banyak didominasi maupun yang resesif. Semuanya sama, mereka berdua memiliki hak yang sama dalam memilih segala sesuatunya untuk kebaikan mereka berdua. Dengan kata lain, mereka berdua memiliki kedudukan yang sama.
  3. Sejajar berarti, selalu berjajaran dan sejalan, tidak pernah berpotongan untuk saling menyakiti
  4. Berlawanan arah, berarti antara 2 orang tersebut mempunyai kepribadian yang berbeda. Namun dengan perbedaan itulah, kekerabatan antar keduanya menjadi lebih erat. Dengan perbedaan itu, menciptakan suasana percintaan antara mereka menjadi netral (0). Tidak terlalu menggebu (+) untuk saling menunjukkan cinta dan tidak pula terlalu acuh (-) antar keduanya. Karena jika terlalu menggebu, maka cinta tersebut akan gampang habis dan kesannya menghilang. Sedangkan kalau mereka berdua saling acuh, maka akan timbul kebosanan antara keduanya, alasannya hirau berarti tidak ada cinta antara mereka berdua.
  5. Terletak pada garis kerja yang sama, itu berarti bahwa pasangan tersebut memang telah ditakdirkan untuk hidup bersama dalam satu ikatan, yaitu cinta.
Anda setuju?...
Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id