Jasaview.id

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan ??

Bagaimana Proses Berlangsungnya Hujan? Angin sepoi-sepoi, awan berwarna abu-abu kehitaman, suara deru dari langit salah satu ciri jika sesaat akan berlangsungnya hujan. Bila kamu paham.kamu mengerti bagaimana proses berlangsungnya hujan, nyatanya gak sesederhana yang kita lihat loh guys! Ingin tahu proses berlangsungnya hujan itu bagaimana? Yuk dibaca bahasan berikut ini. 


proses hujan


Hujan adalah satu diantara bentukan proses dari presipitasi. Hujan adalah satu diantara dari proses siklus hidrologi. 

JENIS -JENIS HUJAN

Beberapa jenis Hujan Nyatanya, hujan itu banyak macamnya loh! Beberapa jenis type hujan ini dikarenakan oleh faktor-faktor yang berlainan. Ada 3 type hujan yang berlangsung di Indonesia, yakni hujan frontal, hujan orografis serta hujan zenith. Proses berlangsungnya hujan pada ke-3 type ini juga berlainan. 

Hujan frontal berlangsung sebab terdapatnya pertemuan di antara angin musim panas yang bawa uap air lembab serta udara yang bersuhu rendah. Umumnya pertemuan ke-2 ketidaksamaan massa itu berlangsung di bagian front, yakni satu diantara tempat yang gampang akan berlangsungnya proses kondensasi serta pembentukan awan. 

Hujan orografis berlangsung di daerah pegunungan atau tempat yang mempunyai ketinggian daerah yang tinggi. Proses berlangsungnya hujan ini ialah terdapatnya uap air yang terikut ke daerah pegunungan berjumpa dengan massa udara yang bersuhu rendah hingga berlangsung pengembunan serta membuat awan. Sesudah awan jemu, hujan juga turun. 

Setelah itu hujan zenith atau yang biasa diketahui dengan hujan konveksi. Hujan ini berlangsung di seputar garis khatulistiwa guys! Hujan konveksi berlangsung sebab terdapatnya pertemuan angin pasat timur laut dengan angin pasat tenggara hingga membuat gumpalan yang naik dengan vertikal sebab terserang pemanasan oleh matahari. Ini mengakibatkan suhu di seputar jadi turun serta massa awan makin bertambah. Sesampainya pada titik jemu, hujan juga turun. 

PROSES TERJADINYA HUJAN

Proses Berlangsungnya Hujan Lantas bagaimana dengan hujan sehari-sehari yang seringkali kita alami? Bagaimana sich proses berlangsungnya hujan itu? 

proses hujan


Siklus air serta proses berlangsungnya hujan. Sumber gambar: physicalgeography.net 

Proses berlangsungnya hujan bermula dari cahaya matahari yang bawa daya panas mengakibatkan terdapatnya proses evaporasi. Dalam proses evaporasi, air yang ada di bumi (laut, danau, sungai dan tubuh air yang lain) menguap sebab panas itu lalu membuahkan uap-uap air. Uap-uap air terangkat ke udara serta alami proses kondensasi. 

Dalam proses kondensasi, uap-uap air menjadi embun yang disebabkan oleh suhu di seputar uap air lebih rendah dibanding titik embun air. Suhu udara yang makin tinggi membuat beberapa titik dari embun makin banyak serta memadat lalu membuat jadi awan. 

Terdapatnya ketidaksamaan desakan udara di langit mengakibatkan gerakan udara atau yang biasa kita mengenal dengan angin. Angin menggerakan awan yang bawa butir-butir air ke arah tempat dengan suhu yang lebih rendah. Awan-awan yang terkumpul masuk jadi awan besar yang berwarna kelabu (proses ini diberi nama koalensi). 

Nah saat ini kamu tidak bingung kan mengapa jika ingin hujan banyak angin serta langitnya mendung? Lalu, butir-butir air yang berada di langit bagaimana dapat jatuh ya? 

Jawabannya ada dua guys, pertama sebab keadaan awan telah jemu atau mungkin dengan kata lain telah tidak mampu menyimpan air . Ke-2 ialah sebab butir-butir air tertarik oleh terdapatnya style gravitasi. Oleh karenanya butir-butir air jatuh jadi hujan. 

Saat air hujan mulai jatuh ke daratan, tidak semua airnya jatuh sampai ke permukaan loh! Nyatanya ada beberapa air yang menguap kembali pada atas ke arah awan. Mengapa dapat demikian ya? Sebab air tembus susunan atmosfer yang lebih hangat di bawahnya karena itu ada banyak butir air yang menguap. Sepanjang air membuat keadaan awan jemu, karena itu hujan selalu berjalan. 

Bagaimana? telah pahami kan bagaimana proses berlangsungnya hujan? Selamat belajar yaa! 


Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id