Jasaview.id

10 Contoh Energi Mekanik

Daya diperlukan untuk lakukan semua bentuk pekerjaan. Daya mekanik keseluruhan ialah jumlahnya dari daya kinetik dari skema serta daya potensialnya. Berikut diberi 22 contoh daya mekanik. 

Hukum Kekekalan Daya Energi tidak bisa dibuat atau dihilangkan. Tapi cuma bisa dirubah dari sesuatu ke bentuk yang lain. Hingga jumlahnya keseluruhan daya di alam semesta masih stabil. Beberapa bentuk daya lainnya diperlukan untuk lakukan pekerjaan. Daya ini bisa disebabkan tempat skema atau object atau diketahui jadi daya prospek. Sedang, daya kinetik ialah daya yang dipunyai skema atau object sebab gerakannya. 


Daya keseluruhan skema ialah jumlahnya daya prospek serta kinetik yang yang diketahui jadi daya mekanik . Planet-planet berputar-putar melingkari matahari, atom yang berputar-putar di seputar pokok, bola yang bergerak atau serta ikan yang berenang ialah contoh-contoh dari skema yang punya daya mekanik. Daya mekanik bisa dipakai untuk lakukan pekerjaan. Berikut keterangan dari contoh-contoh bagaimana daya mekanik bisa diubah ke bentuk daya yang lain dan bagaimana bentuk-bentuk lain dari daya diubah jadi daya mekanik untuk lakukan pekerjaan. 

1. Bola yang Terdapat di atas Meja 

Saat bola diletakkan di atas meja, jadi bola itu akan diam. Bola ini akan punya daya prospek sebab ketinggian bola dari tanah. Saat ini bila bola yang jatuh dari meja daya prospek akan mulai untuk dirubah jadi daya kinetik. Jumlahnya daya akan stabil serta itu bisa menjadi daya mekanik keseluruhan skema. Pas sebelum bola sentuh lantai bawah, daya prospek keseluruhan skema akan menyusut turun ke 0 serta itu cuma akan punya daya kinetik. 

Energi Mekanik


2. Pembangkit Listrik Tenaga Air 

Pembangkit listrik tenaga air ialah contoh pergantian daya mekanik jadi daya listrik. Daya mekanik dari air jatuh dari air terjun dipakai untuk memutar turbin yang berada di sisi bawah air terjun. Perputaran turbin ini dipakai untuk membuahkan listrik. 

3. Mesin Uap 

Mesin uap berjalan dengan uap yang daya panas. daya panas ini dirubah jadi daya mekanik yang dipakai untuk jalankan lokomotif. Ini ialah contoh pergantian daya panas jadi daya mekanik 

4. Mesin pembakaran internal 

Dalam satu mesin pembakaran internal, daya kimia dirubah jadi daya mekanik. Pergantian ini diraih dengan pembakaran bahan bakar. Daya mekanik selanjutnya dipakai untuk mengendalikan kendaraan bergerak. 

5. Kincir Angin 

Kincir angin umumnya dipakai dalam pembangkitan listrik. Daya kinetik dari angin mengakibatkan pisau berputar-putar. Kincir angin mengubah daya kinetik dari angin ini jadi daya listrik. 

6. Pistol Panah Mainan 

Satu pistol panah bisa simpan daya mekanik berbentuk daya elastis. Pistol panah mainan punya pegas yang bisa simpan daya elastis jika dalam tempat terkompresi. Daya ini akan dilepaskan saat musim pegas merenggang, mengakibatkan panah bergerak. Hingga mengubah daya elastis pegas jadi daya kinetik anak panah yang bergerak  

7. Letusan Peluru. 

Satu peluru yang bergerak punya daya kinetik. Satu sisi dari daya kinetik ini dirubah jadi daya panas serta ini ialah fakta kenapa sasaran jadi panas saat peluru menyerang mereka 

8. Bola Bilyard 

Saat bermain bilyard, daya mekanik dari tongkat ditransfer ke bola bilyard. Ini mengakibatkan bola bilyard bergerak serta tempuh beberapa jarak sebelum bola itu berhenti. 

9. Motor Electrik 

Satu motor listrik adalah alat dipakai untuk mengubah daya listrik jadi bentuk yang bisa dipakai dari daya mekanik. Proses ini kebalikan dengan generator. Umumnya motor itu dipakai untuk kipas. 

10. Mesin Listrik 

Daya listrik yang dipakai dalam mesin dimana dia dirubah jadi daya mekanik. daya mekanik ini ialah berbentuk daya kinetik dari lokomotif atau kendaraan bergerak.

Baca Juga : Info Jasa Sedot Wc
Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id