Jasaview.id

Percobaan Sains : Membuat Awan Dalam Botol

Alat serta Bahan yang Diperlukan 

Toples dengan tutup 

1 cangkir besar air panas 

Pewarna Makanan Biru (opsional) 

Penyemprot rambut 

Es batu 

Langkah Eksperimen 

1.Tuang 1 cangkir besar air mendidih panas ke toples. Pakai pewarna makanan untuk memberikan air warna biru sebelum tuangkan ke toples. Ini tidak mutlak dibutuhkan, tapi menolong memperbedakan awan dari air. Diluar itu membuat penampilan air seperti langit. 

Percobaan Sains


2. Secara cepat semprotkan hairspray ke toples itu. 

Percobaan Sains


3.Selekasnya tutup toples dengan penutupnya. Langkah ini harus dikerjakan secara cepat,hingga toples selekasnya tertutup, untuk menolong tutup karena itu eksperimen ini harus dikerjakan dua orang. Satu untuk menyemprot hairspray serta satu untuk tempatkan pada tutupnya. 

Percobaan Sains


4. Letakkan 3-5 potong es batu di atas tutup botol. 

Percobaan Sains


5. Lihat sisi atas tabung dengan berhati-hati serta kita akan lihat awan mulai tercipta. 

Percobaan Sains


6.Sesudah awan dalam stoples ter perhatikan, terlepas tutup serta simak awan akan keluar dari toples 

Percobaan Sains


Bahasan 

Awan tercipta saat uap air naik ke udara dan mengembun ke partikel mikroskopis (yakni debu, kotoran serta partikel yang lain di udara). Dalam eksperimen ini, air hangat di toples mengakibatkan udara di tabung menghangat. Saat ini berlangsung beberapa air menguap ke udara. penguapan ini mengakibatkan uap air dalam stoples. Selanjutnya udara lembab hangat (uap air) naik dari permukaan air ke atas toples. Sesudah sampai puncaktoples, udara lembab hangat selanjutnya mulai dingin. Ini sebab terdapatnya es batu yang ada di tutup tabung. Uap air di udara pendingin selanjutnya terkondensasi ke partikel dari hairspray serta membuat awan dalam stoples. Bila kita memperhatikan awan berhati-hati, kita akan lihat jika awan akan berputar-putar di seputar dalam stoples. berputar ini dikarenakan oleh perputaran udara (yakni udara hangat naik serta udara dingin terbenam


Info Jasa Sedot Wc



Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id