Jasaview.id

Karya Ilmiah : Membuat Tinta Tak Terlihat

Tujuan 

Untuk menulis serta mendeskripsikan beberapa kata dengan tinta tidak kelihatan. 

karya ilmiah


Faedah 

Steganography, spionase, Anti pemalsuan, Mengidentifikasi property, stempel tanda-tangan untuk daftar lagi 

Fundamen Teori 

Tinta tidak kelihatan ialah zat yang dipakai untuk menulis, yang tidak kelihatan waktu pengerjaan, atau beberapa saat sesudah pengerjaan, serta selanjutnya bisa dibikin kelihatan dengan cara-cara. Sesudah tulisan dikeringkan kertas, atau permukaan bahan yang dicatat akan kosong serta teksturnya akan sama dengan bahan sekelilingnya. 

karya ilmiah


Blue print salah contoh tinta yang tidak kelihatan Ada banyak tipe tinta tidak kelihatan. Beberapa tipe bahan kimia bisa dipakai serta ditampakan dalam keadaan pemanasan, sinar cahaya ultraviolet (UV), fluorecence, serta menambahkan larutan lain yang alami reaksi asam-basa dengan mencampurkan atau menyemprotkan asap, atau langkah lain. Satu diantara contoh yang populer ialah bikin biru. Berdasar prinsip-prinsip itu, mainan pena tinta tidak kelihatan dengan dua ujung dibikin, satu ujung untuk menulis tinta tidak kelihatan, serta ujung lain untuk meningkatkan tinta, atau untuk menimbulkan sandi tulisan. Pulpen ini saat ini ditingkatkan serta di jual dipasaran 

karya ilmiah


Tinta tidak telihat dengan cahaya UV Walau kelihatannya nampaknya susah, tinta tidak kelihatan bisa dengan gampang dibikin di dalam rumah dengan menyemprotkan asap amonia pada kertas yang dicatat dengan fenolftalein. Fenolftalein ialah senyawa kimia yang umumnya dipakai dalam titrasi. Fenolftalein tidak berwarna dalam larutan asam serta merah muda atau serta ungu dalam larutan basa bergantung pada konsentrasi tanda. Amonia umumnya didapati jadi gas serta benar-benar gampang menguap. Amonia bertindak selaku basa atau akseptor proton, walau tidak berwarna berbentuk cair, saat berhubungan dengan phenolphthalein, larutan beralih warna jadi pink. Saat penyemprotan asap amonia ke phenolphthalein, tulisan kelihatan tampil di atas kertas. Tetapi saat asap amonia menguap, tulisan tidak kelihatan serta lenyap . 

karya ilmiah


Pulpen tinta tidak telihat Alat serta Bahan 

1. Kristai Iodine padat 

2. Larutan Phenolftalein 

3. kapas atau kuas 

4. Kertas putih atau kertas tisu 

5. Gelas beaker 

6. Amonia (dengan penyemprot) 

7. Asam asetat atau cuka 

karya ilmiah


Larutan phenolftalein Kertas yang dipakai pada eksperimen ini dapat dipakai berkali kali sesudah tulisan pertama sudah hilang 

Semua bahan yang dipakai dalam eksperimen ini benar-benar gampang didapat. Larutan dari asam asetat serta amonia bisa disimpan dalam wadah yang sesuai dengan untuk menahan penguapan. 

Langkah Kerja 

1. Potong selembar kertas, celupkan bola kapas atau kuas ke larutan fenolftalein serta catat pesan atau gambar ke selembar kertas. Keringkan kertas di udara terbuka. 

2.Semprot kertas dengan semprotan yang berisi amonia serta perhatikan kata yang tampil di atas kertas selanjutnya lenyap. 

3. Ulangilah proses yang sama juga dengan asam asetat, serta kertas akan kelihatan bersih kembai. 

Rangkuman 

Apa tulisan sukses ada serta lenyap ke kertas sesudah disemprot dengan amonia serta asam asetat? Bila tidak, apa penyemprotan dengan larutan yang makin banyak menolong beberapa kata untuk ada? Berapakah lama waktu yang dibutuhkan kata tampil di atas kertas. 

Lebih Lanjut 

Banyak pula senyawa yang bisa dipakai untuk membuahkan tinta tidak kelihatan. Contohnya, zat organik, terhitung minuman cola, madu, lemon, susu, juice bawang, air sabun, gula semua dapat teroksidasi jadi warna coklat saat dipanaskan.

Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id