Sumber : Model Silabus Mapel IPA, Kemdikbud, 2017 |
Penyajian materi yang lebih terpadu antara fisika dengan biologi pun nampak, misalnya pada pembahasan listrik statik yang dihubungkan dengan sistem saraf, kelistrikan dengan jantung, kelistrikan pada tulang, bahkan sampai pembahasan ikan-ikan yang mengandung listrik.
Contoh lain dalam pembahasan tekanan. Tekanan dalam fisika ini dihubungkan dengan tekanan pada tubuh manusia. Tekanan zat cair dihubungkan dengan tubuh manusia yang meliputi tekanan osmotik, tekanan darah, dan difusi pada alat pencernaan.
Dengan menghubungan teori/hukum/fenomena antara fisika dengan biologi dan tentunya dengan kimia, akan menjadikan IPA menjadi mata pelajaran yang benar-benar terpadu. Tentunya hal ini membutuhkan nalar yang lebih tinggi. Dengan pola penyajian yang seperti ini diharapkan siwa akan dapat memasuki ranah HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau Kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sesuai dengan taksonomi Bloom edisi revisi yaitu sampai tahap menganalisis (C3), mengevaluasi (C4), dan mencipta (C6).
Berikut ini adalah materi IPA dari kelas VII - IX
Ruang lingkup materi IPA kelas VII
1. Obyek ilmu alam dan pengamatannya
2. Klasifikasi makhluk hidup
3. Sistem organisasi kehidupan
4. Energi
5. Interaksi antarmakhluk hidup
6. Pencemaran lingkungan
7. Perubahan iklim
8. Lapisan bumi dan bencana
9. Tata surya
10. Unsur, senyawa, dan campuran
Ruang lingkup materi IPA kelas VIII
1. Gerak dan gaya
2. Usaha dan pesawat sederhana
3. Rangka dan Otot
4. Tekanan zat
5. Getaran, Gelombang, dan Bunyi
6. Cahaya
7. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
8. Sistem pencemaran
9. Sistem peredaran darah
10. Sistem pernapasam
11. Sistem ekskresi
12. Zat aditif dan adiktif
Ruang lingkup materi kelas IX
1. Sifat bahan
2. Kelistrikan
3. Kemagnetan
4. Teknologi ramah lingkungan
5. Reproduksi
6. Perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
7. Pewarisan sifat
8. Bioteknologi
9. Tanah
Post a Comment (0)