Jasaview.id

Teori Dasar Tentang Cahaya

Sinar tidak lain hanya radiasi elektromagnetik yang membuat sensasi visual pada mata manusia. Walau semua radiasi elektromagnetik tidak bisa membuat sensasi pada mata kita tetapi dalam beberapa tenggang radiasi khusus bisa dilihat oleh mata manusia serta ini disebutkan sinar. Jadi pengertian sinar dapat dicatat jadi radiasi elektromagnetik yang membuat sensasi visual pada mata manusia yang disebutkan sinar. Radiasi dengan panjang gelombang sekitar 380 nm sampai 700 nm cuma dirasa oleh mata manusia normal. Jadi, radiasi dengan panjang gelombang dalam tenggang ini mudah. Daya sinar berlainan warnanya dari ungu sampai merah. Radiasi dengan panjang gelombang visual minimal yakni seputar 380 nm, ialah sinar violet serta radiasi dengan panjang gelombang visual maximum seputar 720 nm, berwarna merah. 

teori cahaya


Waktu cahaya matahari tentang ke prisma transparan, cahaya matahari menyelimpang dari arah peristiwanya serta berpisah dengan cahaya berwarna yang berlainan. Cahaya mengubah arah mereka sesudah pembiasan di prisma, menurut pojok penyimpangannya. 

teori cahaya

Pojok penyelewengan ini setelah itu tergantung pada panjang gelombang cahaya sinar. Skema cahaya matahari sesudah dibiaskan lewat prisma transparan diketahui jadi spektrum cahaya matahari. Dari eksperimen prisma ini diketemukan jika warna di bagian tengah spektrum berwarna kuning kehijauan. Panjang gelombangnya ialah 

teori cahaya


Sumber Bikinan Sinar 

Walau cahaya matahari adalah sumber sinar alami penting di planet kita tetapi terdapat beberapa proses bikinan yang membuahkan sinar seperti pemijaran, luminesensi, fluoresensi, serta pemendaran. 

Pemijaran: 

Proses membuahkan sinar visual dengan memanaskan benda dikatakan sebagai incandescence atau pemijaran. Ada banyak benda yang dapat membuahkan daya sinar terlihat waktu dibikin panas sampai suhu tinggi. Mereka mengakibatkan spektrum radiasi terus-terusan. Contohnya, saat kita memanaskan sepotong besi sampai suhu lumayan tinggi, potongan jadi merah panas serta pancarkan sinar merah dari permukaannya. Lampu pijar ialah sumber sinar bikinan yang benar-benar terkenal, dimana filamen resistif tinggi dibikin panas oleh arus listrik serta yang pada akhirnya pancarkan sinar ke sekelilingnya. 

Luminescence: 

Merupakan proses emisi sinar tanpa ada dampak panas. Proses ini dapat dipandang seperti satu diantara tipe radiasi badan dingin. Sinar bisa dibuat proses dari berikut seperti reaksi kimia, dampak listrik, pergerakan subatomik, atau desakan pada kristal. 

Fluoresensi: 

Ada zat-zat yang dapat membuahkan radiasi visual waktu mereka menyerap radiasi tidak kelihatan dari beberapa panjang gelombang khusus. Itu bermakna zat ini menyerap radiasi dari satu panjang gelombang serta pancarkan radiasi dari panjang gelombang yang lain. Contohnya, saat zat neon dikenai cahaya ultra violet, cahaya akan pancarkan cahaya yang kelihatan. 

Pemendaran: 

Ada zat-zat yang dapat menyerap daya sinar waktu terkena sinar ini, serta dapat pancarkan daya ini nanti jadi sinar. Contohnya, jika permukaan dilapis kalsium sulfida dibawa dalam sinar, dan dibawa ke gelap, permukaan akan bersinar jadi sumber sinar kecil. 

Pandangan Mata Manusia 

Manusia mendapatkan lebih dari 80% info lewat mata. Mata terbagi dalam tiga sisi penting, irislah, lensa serta retina. Irislah mengendalikan sinar untuk masuk ke mata dengan memperluas serta memperkecilnya. Lensa mata fokus dibawah kendali otot siliaris membuat gambar ke retina. Ada monitor di belakang lensa yang disebutkan retina. Retina diperlengkapi dengan beberapa saraf peka atau optik mudah yang berkomunikasi dengan otak. Ada dua tipe syaraf yang berada di retina, yakni kerucut serta batang. Batang lebih peka dalam sinar redup. Sisi tengah retina disebutkan fovea. Ini ialah tempat retina yang paling peka. Umumnya sel batang terkonsentrasi jauh dari pusat fovea retina. Saraf kerucut khususnya terkonsentrasi pada fovea. Kerucut khususnya bertanggungjawab untuk pandangan jelas dengan sensitivitas warna yang berlainan. Sebab ke-2 type saraf ini, ada dua tipe pandangan. 

1. Pandangan Photopic, 

Yakni mendiskriminasikan detil objek dengan halus sepanjang penilaian. Pandangan ini membuat citra objek pemantauan yang tajam. Kerucut sensitif pada sinar untuk kecerahan lebih dari 3 cd / m2. Sensitivitas optimal, mata manusia dilihat pada panjang gelombang sinar 550 nm dalam pandangan photopic. 

2. Pandangan Scotopic, 

Yakni batang sel bertanggungjawab. Pandangan ini tidak punya potensi diskriminasi warna. Semua benda yang dilihat ada dalam pandangan ini dengan warna abu-abu yang lebih atau kurang. Pandangan ini tidak dapat memperbedakan detil baik object yang dilihat. Batangnya peka pada sinar untuk kecerahan kurang dari 30 μcd / m2. Sensitivitas maximum, mata manusia dilihat pada panjang gelombang sinar 507 nm dalam pandangan horizon. 

Mata manusia dapat berubah dari satu pandangan ke lainnya sesuai dengan keperluan. Visi antara pandangan photopic serta scotopic disebutkan mesopic.
Lebih baru Lebih lama
Jasaview.id
Jasaview.id